Translate

Sabtu, 31 Oktober 2020

Dua Puluh Tahun Ketapang

Pohon Ketapang ini, ditanam, dipelihara dan dirawat selama 20 tahun.  Ketapang atau Katapang  (terminalia catappa) diklaim sebagai pohon pantai yang indah dan rindang.

Membangun gedung pencakar langit 30 lantai, misalnya, mungkin butuh waktu sekitar 10 tahun, beda dengan pohon ini. Walau sudah 20 tahun, tingginya sekitar 10 meter, karena sering dipangkas.

Apakah nilai pohon ini relatif lebih murah, harganya, jika dibanding gedung megah menjulang tinggi itu? 

Ada sejumlah kajian ilmiah tentang pohon ketapang ini, membuktikan bahwa kontribusi pohon ini untuk dunia kesehatan, dipandang cukup signifikan. 

Para pencinta ikan yang membudidayakan ikan di aquarium di rumah, selalu menggunakan daun Ketapang dalam merawat kesehatan ikan mereka.

Tidaklah heran hal itu dilakukan para pencinta hewan apabila ingin mengobati hewan mereka yang terserang penyakit, dengan cara merebus daun Ketapang dan diberi minum hewan dimaksud.

Sebagai minuman alternatif dalam memelihara dan merawat  kesehatan, manusia juga bisa mengonsumsi air rebusan daun Ketapang.

Penulis juga menggunakan air rebusan daun Ketapang untuk mengobati hewan peliharaan dan mengonsumsinya sebagai minuman kesehatan alternatif,  secara simultan dalam beberapa tahun belakangan ini. (Larikata)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar